Detail Berita

MARKET DAY, TUMBUHKAN KREATIFITAS JIWA ENTREPRENEUR SISWA

admin

2022-09-30 17:51:38

Selain penguatan dibidang akademik dan keagamaan, siswa siswi di Baitul Jannah Islamic School juga terus dilatih melalui berbagai program peningkatan interpersonal skill.  Dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke 77, SDIT dan SMPIT Baitul Jannah Islamic School menggelar event Market Day disekolah yang bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan jiwa wirausaha siswa.

Kegiatan Market Day's merupakan bagian dari implementasi 6 (enam) aspek  kurikulum khas Baitul Jannah Islmaic School serta Proyek Peguatan Profil Pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka. Pembelajaran berbasis proyek ini mengusung tema 'kewirausahaan' yang mewajibkan seluruh siswa kelas 8, baik boarding maupun fullday untuk mengikuti kegiatan ini. Demikian juga hal nya dengan event Market Day yang digelar oleh siswa siswi pada jenjang pendidikan dasar di SDIT Baitul Jannah Islamic School.
Humas Baitul Jannah Islamic School, menjelaskan bahwa Market Day bertujuan untuk melatih siswa dalam hal berwirausaha dengan mengedepankan sikap Profil Pelajar Pancasila yaitu, bernalar kritis, kreatif, dan gotong royong. Sikap ini dinilai mulai dari awal persiapan sampai terselenggaranya kegiatan.
 
“Market Day yang kita laksanakan ini merupakan ajang pengembangan kreativitas siswa yang dipromotori wakil kepala sekolah bidang kesiswaan.

Dalam praktiknya, anak-anak diharapkan mampu merencanakan, mengolah bahan makanan, minuman hingga proses penjulannya. Melatih jiwa wirausaha dan menyiapkan anak-anak untuk jadi enterpreuner. Biar mereka praktik langsung. Mungkin ada yang untung, ada juga yang rugi. Setidaknya anak-anak dapat belajar bahwa setiap usaha memiliki resiko untung dan rugi,” ujarnya.
 
Kegiatan wirausaha yang dimulai pukul 08.00 WIB ini ramai dikunjungi oleh guru/karyawan, siswa siswi lainnya, serta dibuka langsung oleh Abi Giri selaku Pembina Yayasan Baitul Jannah.   Beberapa stan yang tersedia di lingkungan kanton sekolah digunakan oleh para siswa untuk menjual makanan/minuman unik, namun ramah di kantong.
 
“Selepas dari acara Market Day ini, diharapkan mampu menumbuhkan semangat siswa dalam berwirausaha. Dengan mengamalkan sikap-sikap positif bergotong royong, kreatif, dan bernalar kritis dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya

Karena antusiasme pengunjung, beberapa stan berhasil menjual habis produknya dalam waktu yang singkat.  Alvaro siswa kelas 8 sekaligus salah satu pemilik stan dalam Market Day yang menjual menu dessert box , mengungkapkan kepuasannya karena telah berhasil menjual banyak produk olahan kelomok kelasnya.

“Alhamdulillah, dessert box jualan saya habis, Umi. Kita senang sekali. Kebanyakan pada pre-order, kita cuma menyediakan beberapa yang dijual langsung di stan. Sepertinya kita tidak kapok jualan lagi,” ungkap Alvaro.
 
Ir. H. Sugirianto, MM Ketua Pembina Yayasan Baitul Jannah, mengaku sangat senang melihat kreativitas siswa dalam kegiatan Market Day.  Market Day merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan acara HUT RI Ke-77

“Semoga program Market Day ini berjalan secara terus menerus. Terima kasih kepada seluruh guru yang telah menjadi mentor kewirausahaan bagi para siswanya. Semoga anak-anak kita mampu mengembangkan kemampuan dirinya dalam bidang akademik maupun non akademik,” ujarnya. 

Partnership